2013-01-11

busana anak


Busana Anak
A.      Pengertian Busana Anak
Pakaian dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dikenakan pada tubuh, baik dengan maksud melindungi tubuh maupun memperindah penampilan tubuh dengan cara memakai busana. Busana anak segala sesuatu yang dipakai anak-anak mulai dari ujung sampai ujung kaki.
B.       Klasifikasi Busana Anak
1.      Penggolongan Busana Anak Berdasarkan Kesempatan
a.       Busana bermain
Pada busana beramain anak ini menggunakan bahan-bahan yang menyerap keringat, tidak menyebabkan iritasi dan mudah dalam pemeliharaan. Bahan yang cocok digunakan untuk busana bermain adalah bahan yang terbuat dari serat kapas atau disebut katun.
b.      Busana sekolah
Pada umumnya di indonesia umumnya busana sekolah yang dipakai anak adalah busana yang telah ditentukan oleh sekolah masing-masing yang biasa. Bahan yang digunakan adalah jenis bahan katun. Corak yang digunakan untuk hari-hari tertentu berupa batik, kotak-kotak.
c.       Busana olahraga
Bahan yang digunakan untuk olahraga adalah jenis bahan kaos dan katun. Untuk modelnya dibuat longgar agar tidak mengganggu pergerakan anak serta aman jika digunakan.
d.      Busana pesta
Jenis bahan yang digunakan, warna, corak dan hiasan yang digunakan sangat berbeda. Bahan yang digunakan untuk kesempatan pesta lebih terkesan mahal serta hiasan yang digunakan lebih meriah dan model untuk busana pesta juga lebih glamour.
e.       Busana Tidur
Bahan yang dapat digunakan untuk busana tidur antara lain katun dan bahan kaos. Untuk warna dapat dipilih warna-warna yang lembut dan dengan corak yang tidak terlalu ramai seperti bunga-bunga kecil, garis-garis dan bola-bola.
f.       Busana rekreasi
Dalam pemilihan busana rekreasi sebaiknya harus cermat dalam pemilihan bahan, desain, warna, serta tekstur kain agar nyaman jika dipakai.


2.      Busana Anak Berdasarkan Usia
a.       Busana anak batita  
Busana anak batita menggunakan bahan yang lembut dan lentur seperti kaos. Desain yang sederhana dan tidak menggunakan banyak hiasan.
b.      Busana anak balita
Anak-anak usia ini adalah pakaian-pakaian dengan menggunakan bahan yang menggunakan bahan yang menterap keringat.
c.       Busana anak usia sekolah
Busana anak usia sekolah menggunakan bahan yang menyerap keringat seperti katun. Hindari pakaian-pakaian dari bahan poliester.
3.      Busana Anak Berdasarkan Jenis Kelamin
Busana anak perempuan menggunakan berbagai jenis model dan busana anak laki-laki menggunakan model yang sederhana seperti kaos, kemeja dan lain-lain.

C.       Referensi
Uswatun Hasanah; (2011); Membuat Busana Anak; Bandung; Rosda

1 komentar: